Sabtu, 16 Maret 2013

Ilmu Budaya Dasar

DOWNLOAD RATUSAN MAKALAH

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Secara sederhana, Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan dengan pengaruh kebudayaannya. Istilah llmu Sosial Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi (bersosialisasi), lebih berbudaya dan lebih halus.
Pada jalur yang searah, sejak tumbuhnya ilmu pengetahuan sosial yang mempunyai obyek studi kehidupan masyarakat, maka sejak itu pula studi masalah sosial mulai dilakukan. Dari masa ke masa para sosiolog mengumpulkan dan mengkomparasikan hasil studi melalui beragam perspektif dan fokus perhatian yang berbeda-beda, hingga pada akhirnya semakin memperlebar jalan untuk memperoleh pandangan yang komprehensif serta wawasan yang luas dalam memahami dan menjelaskan fenomena sosialnya.

1.2. Perumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan kajian ilmu sosial budaya dasar?
2. Apa yang dimaksud dengan masalah sosial?
3. Apa perbedaan antara pengetahuan budaya dan sosial budaya?
4. Kompetensi dasar apakah yang ingin dicapai setelah belajar ilmu sosial dan budaya dasar?
5. Mengapa ilmu sosial budaya dasar diberikan kepada mahasiswa yang memiliki latar belakang ilmu alam?


BAB II PEMBAHASAN
2.1 Kajian Ilmu Sosial Budaya Dasar
Bahwawasanya sejak manusia mulai hidup bermasyarakat, maka sejak saat itu sebuah gejala yang disebut masalah sosial berkutat didalamnya. Sebagaimana diketahui, dalam realitas sosial memang tidak pernah dijumpai suatu kondisi masyarakat yang ideal. Dalam pengertian tidak pernah dijumpai kondisi yang menggambarkan bahwa seluruh kebutuhan setiap warga masyarakat terpenuhi, seluruh prilaku kehidupan sosial sesuai harapan atau seluruh warga masyarakat dan komponen sistem sosial mampu menyesuaikan dengan tuntutan perubahan yang terjadi.
Penyajian mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelaslah bahwa mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya dengan bersosialisasi dengan sesamanya, maupun yang hanya menyangkut dirinya sendiri.

2.2 Masalah sosial
Masalah sosial menemui pengertiaannya sebagai sebuah kondisi yang tidak diharapkan dan dianggap dapat merugikan kehidupan sosial serta bertentangan dengan standar sosial yang telah disepakati. Keberadaan masalah sosial ditengah kehidupan masyarakat dapat diketahui secara cermat melalui beberapa proses dan tahapan analitis, yang salah satunya berupa tahapan diagnosis. Dalam mendiagnosis masalah sosial diperlukan sebuah pendekatan sebagai perangkat untuk membaca aspek masalah secara konseptual. Kebermaknaan suatu studi termasuk studi mengenai masalah sosial dapat ditentukan oleh wawasan teoritis dalam menjelaskan gejala dan alur penalaran dari berbagai proposisi yang dihasilkan, juga sangat ditentukan oleh bagaimana studi itu dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

3.3 Perbedaan antara Pengetahuan Budaya dan Sosial Budaya
Pengetahuan budaya (The Humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll. Sedangkan Ilmu Sosial Budaya adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial kemanusiaan dan kebudayaan itu sendiri. Dengan perkataan lain Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

3.4 Manfaat Belajar Ilmu Sosial Budaya Dasar
Adapun manfaat balajar Ilmu Sosial Budaya Dasar adalah sebagai berikut:
1. Mengenal perilaku lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja.
2. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup untuk senantiasa bersosialisasi.
3. Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia.
4. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya.
5. Mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya.
6. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku.
7. Dapat menciptakan sifat kebudayaan yang universal dan dinamis
8. Dapat mengenal lebih dalam tentang budaya yang terdapat di Negara yang kita cintai dengan melihat dari kesenian, bermacam-macam suku, adat istiadat, bahasa, budaya daerah dan budaya nasional.
9. Mampu menciptakan hubungan yang harmonis antar manusia dan kelompok.
Dengan adanya manfaat tersebut, maka perubahan-perubahan yang ada di masyarakat dapat di antisipasi dengan baik. Manfaat-manfaat tersebut pula yang menjadikan kebudayaan Indonesia berbeda dengan kebudayaan di negara-negara lain. Dengan adanya budaya, hendaknya pola pikir manusia dalam bertindak dapat semakin maju dan berkembang, namun dapat juga menyaring hal-hal negatif yang masuk sehingga tidak menjatuhkan nama baik negara.

3.5 Perlunya Ilmu Sosial Budaya Dasar
Di zaman yang serba modern ini, pastinya masih saja ada banyak orang yang belum mengerti apa itu ilmu budaya dasar dan apa gunanya mempelajari ilmu social budaya dasar. Untuk itu kita perlu mengetahui arti dari ilmu sosial budaya dasar yang mempelajari tentang dasar-dasar dari suatu kebudayaan dan sosialisasi. Meskipun kami memiliki latar belakang ilmu alam, tapi sangat penting untuk mengkaji ilmu yang mungkin merupakan ilmu wajib sosial. Karena pada akhirnya kami sebagai manusia akan mempelajari aktivitas hidup tentang dasar-dasar dari suatu kebudayaan yang berhubungan dengan sesame manusia lainnya, misalnya permasalahan pada produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Hal yang paling utama dijadikan sebagai tujuan mengapa ilmu budaya dasar wajib dipelajari dan diterapkan bagi setiap manusia, terutama bagi generasi-generasi muda agar tidak salah dalam menyaring budaya budaya yang masuk di suatu negara.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2010. Pengertian Budaya Dasar.
http://dimazmarham.blogspot.com

Anonim. 2009. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya.
http://id.shvoong.com

Anonim. 2011. Manfaat Mempelajari Ilmu Budaya Dasar.
http://yayukhestiyanti22.blogspot.com

Anonim. 2010. Ilmu Budaya Dasar.
www.membuatblog.web.id

DOWNLOAD RATUSAN MAKALAH

1 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites