Sabtu, 06 Juli 2013

menghilangkan najis dan perihal wudhu

DOWNLOAD RATUSAN MAKALAH


KATA PENGANTAR
Segala puji serta syukur penulis haturkan kehadirat Ilahi Rabbi yang atas limpahan rahmat, karunia, serta hidayah-Nya jualah sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah HADITS dengan tema “Membersihkan (Menghilangkan) Najis dan Perihal Wudhu”.
Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan keharibaan Nabi besar Muhammad SAW. karena berkat beliaulah sehingga pada saat ini dapat merasakan indahnya Islam dan nikmatnya Iman.
Tak lupa penulis sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak M. Noor Fuady, M.Ag. Selaku dosen pengajar yang telah memberikan arahan yang begitu berarti bagi penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Juga kepada teman-teman yang telah membantu secara langsung atau tidak langsung dari pengumpulan bahan hingga penyelesaian.
Tak ada gading yang tak retak, penulisan sadari dalam penulisan ini tak akan pernah lepas dari kesalahan dan kekurangan, maka untuk itu penulis sangat mengharapkan masukan dan koreksi dari bapak dosen ataupun dari teman-teman agar penulis dapat dapat lebih baik pada masa akan datang. Akhir kata billahi taupiq wal hidayah.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb..
DAFTAR ISI
Kata Pengantar                                                                                                                i
DAFTAR ISI                                                                                                                    ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                1
BAB II PEMBAHASAN                                                                                                 3
1.        Membersihkan Kencing                                                                                      3
2.        Menbersihkan Jilatan/Bekas Minum Anjing                                                     5
3.        Bersuci Salah Satu Syarat Sah Shalat                                                                6
4.        Berwudhu Secara Benar                                                                                      7
5.        Berbahasa Asing dalam Perihal Wudhu                                                             5
BAB III PENUTUP                                                                                                         13
Simpulan                                                                                                                           13
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                       14
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Untuk memahami tentang membersihkan atau menghilangkan najis dan perihal wudhu, terlebih dahulu akan dijelaskan tentang pengertian thaharah. Adapun yang kita maksudkan disini adalah menjelaskan benda-benda najis yang lawan dari benda-benda suci. Itu ada kaitannya dengan penjelasan makna najis secara bahasa dan istilah dalam pandapat berbagai mazhab.
Najis dalam bahasa adalah istilah yang digunakan untuk segala yang kotor, sebagaimana kata najis (َنجِسٌ) digunakan juga najas  (نَجَسٌ) dan najs (نَجْسٌ) Para ahli fiqh (Fuqaha) membagi najis pada dua bagian, yaitu “najis hukmi” dan “najis hakiki”. Dalam memberikan definisi terhadap keduanya, terdapat perbedaan pendapat dalam berbagai mazhab:
●        Hanabilah: Mereka memberikan pengertian najis hukmi sebagai najis yang mengena pada tempat yang sebelum terkena najis ia suci, maka ini mencakup najis mempunyai dzat dan yang tidak mempunyai dzat. Yaitu bila najis itu melekat pada barang yang suci. Sedangkan najis hakiki adalah dzat najis itu ssendiri (najis).
●        Syafi’iyah: Mereka mendefinisikan najis hakiki sebagai najis yang yang mempunyai dzat (tubuh), rasa, warna dan bau. Dan inilah yang mereka sebut sebagai najis ‘aini. Sedang najis hukmi adalah najis yang tidak mempunyai dzat (tuubuh) rasa, warna dan bau, Seperti air kencing tidak diketahui sifatnya maka yang demikian itu disebut dengan najis hukmi.
●        Hanafiyah: Mereka berpendapat bahwa najis hukmi adalah hadats kecil dan hadats, hadats adalah sifat syari’ yang mengenai sebagian anggota badan atau seluruhnya dan dapat menghilangkan kesucian. Sedangkan najis hakiki adalah khubts, yaitu segala sesuatu yang kotor menurut syara’.
●        Malikiyah: Mereka berpendapat bahwa najis ‘aini adalah dzat najis itu sendiri. Sedangkan najis hukmi adalah bekasnya yang dihukumi sebagai najis pada tempat tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
MEMBERSIHKAN (MENGHILANKAN) NAJIS DAN PERIHAL WUDHU
1.        Membersihkan Kencing
a.  Materi dan arti hadits
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ قَالَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحَائِطٍ مِنْ حِيطَانِ الْمَدِينَةِ أَوْ مَكَّةَ فَسَمِعَ صَوْتَ إِنْسَانَيْنِ يُعَذَّبَانِ فِي قُبُورِهِمَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ ثُمَّ قَالَ بَلَى كَانَ أَحَدُهُمَا لَا يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ وَكَانَ الْآخَرُ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ ثُمَّ دَعَا بِجَرِيدَةٍ فَكَسَرَهَا كِسْرَتَيْنِ فَوَضَعَ عَلَى كُلِّ قَبْرٍ مِنْهُمَا كِسْرَةً فَقِيلَ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَ فَعَلْتَ هَذَا قَالَ لَعَلَّهُ أَنْ يُخَفَّفَ عَنْهُمَا مَا لَمْ تَيْبَسَا أَوْ إِلَى أَنْ يَيْبَسَا (أخرجه البخارى فى كتاب الوضوء – باب ما جاء فى غسل البول)
Dari Ibn Abbas, katanya: “Nabi SAW berjalan melalui sebuah kebun kota Madinah atau Mekkah, lalu terdengar oleh beliau suara dua orang manusia yang disiksa dalam kuburnya, Nabi bersabda: “keduanya disiksa dalam kuburnya dan disiksa karena dosa yang dianggap besar”, kemudian beliau bersabda: “yang seorang buang air ditempat yang tidak tertutup dan yang seorang membuat fitnah yang menyebabkan orang bermusuhan” sesudah itu beliau menyuruh untuk mengambil dua pelepah kurma lalu dipatahnya menjadi dua dan diletakkannya di atas masing-masing kubur itu sepotong. Ada orang bertanya: Ya Rasulullah, mengapa engkau berbuat begitu? Nabi menjawab: “mudah-mudahan diringankan siksa kedua orang itu selama kedua pelepah kurma itu belum kering. (HR. al-Bukhari).[1]
b. Penjelasan
Dari hadits diatas kita di perintahkan untuk membersihkan kencing, karena kencing termasuk najis mukhafafah bagi kencing bayi laki-laki. Cara membersihkan najis mukhafafah cukup dengan memercikkan air pada tempat yang dikenai najis itu. Jadi tidak perlu dibasuh secara menyeluruh. Adapun kencing anak perempuan yang belum memakan apa-apa selain ASI, kaifiat mencucinya hendaklah dibasuh sampai air mengalir di atas benda yang kena najis itu, dan hilang zat najis sampai sifat-sifatnya sebagaimana mencuci kencing orang dewasa.
عَنْ أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ أَنَّهَا أَتَتْ بِابْنٍ لَهَا صَغِيرٍ لَمْ يَأْكُلْ الطَّعَامَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَجْلَسَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجْرِهِ فَبَالَ عَلَى ثَوْبِهِ فَدَعَا بِمَاءٍ فَنَضَحَهُ وَلَمْ يَغْسِلْهُ (رواه الشيخان)
“Sesungguhnya Ummu Qais telah datang kepada Rasulullah SAW beserta bayi laki-lakinya yang belum makan makanan selain ASI. Sesampainya di depan Rasulullah, beliau dudukkan anak itu dipangkuan beliau, kemudian baliau dikencinginya, lalu beliau meminta air, lantas beliau mempercikkan air itu pada kencing kanak-kanak tadi, tetapi beliau tidak membasuh kencing itu” (HR. Bukhari dan Muslim).
Sabda Rasulullah:
يَغْسِلُ مِنْ بَوْلِ الْجَارِيَّةِ وَيُرَشُّ مِنْ بَوْلِ الْغُلَامِ (رواه الترمذى)
“Kencing kanak-kanak perempuan dibasuh dan kencing kanak-kanak laki-laki diperciki” (HR. Tirmidzi).[2]
Kemudian, memerciki itu hanya cukup selama bagi tiada peroleh makanan selain dari jalan menyusu. Adapun bila ia telah diberi makan, maka tidak ada pertikaian tentang wajib mencucinya. Keringanan dengan cukup diperciki itu, mungkin sebabnya karena gemarnya orang-orang buat menggendong bayi hingga sering kena kencing dan masyaqiqah (menyiram) atau sulit buat mencucinya, diberi keringanan dengan cara tersebut.[3]
2.        Membersihkan Jilatan/Bekas Minum Anjing
a.  Materi dan arti Hadits
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا شَرِبَ الْكَلْبُ فِي إِنَاءِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْسِلْهُ سَبْعًا  (أخرجه البخارى فى كتاب الوضوء – باب الماء الذى يغسل به شعر الأسنان)
Dari Abu Hurairah r.a. Ia berkata: “Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Apabila seekor anjing minum dalam sebuah bejana milik seseorang diantara kamu, maka basuhlah bejana itu tujuh kali (HR. al-Bukhari pada kitab Wudhu’ yang dibasuh dengannya rambut manusia)
b. Penjelasan
Cara mensucikannya (membersihkannya) benda-benda yang terkena najis mughaladzah (misalnya badan, pakaian, atau bejana dijilat anjing atau kena kotoran) dapat dilakukan dengan membasuh benda-benda itu sebanyak tujuh kali dengan air suci, satu kali diantaranya dicampur dengan tanah (debu) yang suci.
Berdasarkan hadits Abu Hurairah r.a. katanya:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيهِ الْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ  (رواه مسلم)
Telah bersabda Rasulullah SAW: “Menyucikan bejanamu yang dijilat oleh anjing ialah dengan mencucinya sebanyak tujuh kali, mula-mulanya dengan tanah”. (HR. Muslim)
Mencuci dengan tanah maksudnya ialah mencampurkannya ke dalam air hingga menjadi keruh.
Jika ia menjilat ke dalam bejana yang berisi makanan kering, hendaklah dibuang mana yang kena dan sekelilingnya, sedang sisanya tetap dipergunakan karena sucinya tadi.
Mengenai bulu anjing, maka yang terkuat ia adalah suci, dan tak ada alasan mengatakannya najis.[4]
Najis mughaladzah yakni najis yang dipandang paling berat yaitu babi, dan liur anjing menurut sebagian ulama. Ada sebagian ulama yang memandang anjing sebagai bintang yang tidak bernajis meskipun haram makan dagingnya.
Berbeda dengan najis dalam tingkatan pertama dan kedua, yakni mencuci relative ringan, yakni dengan pencucian biasa sampai hilang warna, baud an rasanya. Najis dalam tingkatan terakhir (najis mughaladzah) harus dicuci tujuh kali dengan ketentuan salah satu dari padanya menggunakan tanah.[5]
3.        Bersuci Salah Satu Syarat sah Shalat
a.        Materi dan arti Hadits
حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ بْنُ نَصْرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ هَمَّامٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَقْبَلُ اللَّهُ صَلَاةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ   (أخرجه البخارى فى كتاب الحيل باب فى الصلاة)
Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi SAW bersabda: Allah tidak akan menerima shalat seseorang diantara kamu jika berhadats sampai ia berwudhu”. (HR. al-Bukhari pada kitab al-Hail pada bab Fî ash-Shalâh)
b.       Penjelasan
Firman Allah SWT:
                 (المائدة : 6)
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)
Sunah berdasarkan riwayat Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi bersabda:
لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ أَحَدِكُم إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ (رواه الشيخان وأبو داود والترمذى)
“Allah tidak menerima shalat seorang diantaramu bila ia berhadats, sampai ia berwudhu’ lebih dahulu.” (HR. Bukhari dan Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi)
4.        Berwudhu’ Secara Benar
a.        Materi dan arti Hadits
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْأُوَيْسِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ عَطَاءَ بْنَ يَزِيدَ أَخْبَرَهُ أَنَّ حُمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ رَأَى عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ دَعَا بِإِنَاءٍ فَأَفْرَغَ عَلَى كَفَّيْهِ ثَلَاثَ مِرَارٍ فَغَسَلَهُمَا ثُمَّ أَدْخَلَ يَمِينَهُ فِي الْإِنَاءِ فَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثًا وَيَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ ثَلَاثَ مِرَارٍ ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ ثَلَاثَ مِرَارٍ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثُمَّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Sesungguhnya Humran, Maula Utsman Ibn Affan menerangkan bahwa dia melihat Utsman Ibn Affan meminta air untuk berwudhu’. Lalu dituangkannya air pada kedua tangannya dan dibasuhnya tiga kali. Kemudian dimasukkannya tagan kanannya ke dalam air lalu ia berkumur-kumur dan memasukkannya ke hidungnya kemudian disemburkannya kembali. Sesudah itu dibasuhnya mukanya tiga kali, dan kedua belah tangannnya hingga ke siku tiga kali pula, kemudian disapunya kepalanya dan dibasuhnya kedua belah kakinya hingga ke dua mata kakinya tiga kali, kemudian ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang berwudhu’ seperti wudhu’ku ini kemudian ia shalat dua rakaat dan tidak berhadats, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. al-Bukhari pada kitab Wudhu’ bab Wudhu’ tiga kali-tiga kali)
b.       Penjelasan
Humran adalah ibnu Abbas, Maulana Ustman bin Affan. Akhir hadits tersebut adalah:
من توضأ نحو وضوئي هذا ثم صلى ركعتين لا يحدث فيها نفسه. غفر له ما تقدم من ذنبه
“Barang siapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian ia shalat dua raka’at dan tidak berhadats, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat”.
Tentang wajib mengusap kepala, para ulama berbeda pendapat. apakah wajib mengusap kepala ataukah sebagiannya saja, sedangkan ayat
" وَمْسَحُوْا بِرُؤُوْسِكُمْ "
Mengandung pengertian seluruh kepala atau sebagiannya dan dalam ayat itu menunjukan untuk meratakan dan tidak meratakan.
Orang yang berpendapat mengusap sebagian kepala berdasarkan riwayat Syafi’i dari hadits Atha: bahwasanya Rasulullah berwudhu, lalu membuka sorbannya kemudian mengusap kepalanya sebagian muka kepalanya.
Sedangkan ulama berpendapat mengusap sebagian disempurnakan di seluruh kepala adalah berdasarkan hadits dari Mugirah dan Jabir riwayat Muslim.
Hadits ini menunjukan berurutannya anggota-anggota wudhu tersebut. Penggunaan kata tiga kali itu tidak menunjukan wajib, yaitu sifat yang mendapat fadhilah (keutamaan). Dalil tidak wajibnya adalah riwayat bahwa Nabi SAW., berwudhu dua kali-dua kali sebagaimana anggota ada yang tiga kali dan sebagainya tidak seperti itu. Dan beliau menjelaskan dalam wudhu sekali-sekali (dalam membasuh dan mengusap) dan bahwa Allah tidak menerima shalat kecuali dengan wudhu.[6]
5.        Berbahasa Asing dalam Perihal Wudhu
Wudzu’
The first condition of bodily purification is wudzu’ wich in the terminology of Islamic law, mens the washing of certain part of the body before prayer, and may be described as partial ablution. The necessary detail of wudzu’ are given in the qur’an in on of the latest surahs, though in practice it is traceable to the very time wen prayer was made obligatory. To this practice which the prophet undoubtedly instituted by divine light, or inner revelation (wahy khafiyy), sanction is given in the following word: “Oh you who belive ! wen you rise up for prayer, was your faces and your hands up to the elbows, and wipe your heads, and (was) your feet up to the ankles” (5: 6).
The practice of the prophet, as recorded in tradition contains substantially the same details. Breifly these my by described as follows:
1.        The hand are first washed up to the wrists.
2.        The mouth is then cleaned wit water, or by rinsing with a tooth-brush and by gargling if necessary.
3.        The nostrils are then cleaned by snuffing a little water in to them and blowing the nose if necessary.
4.        The face is then  washed from the forehead to the chin and from one ear to the other.
5.        Then the right arm and after that the left, is washed from the wrist to the elbow.
6.        The head is then wifed over with wet hands, three fingers of both hand, between the little finger and the thumb, being joined together, and the inner side of the ears wifed with forefingers and its uoter side with thumbs.
7.        the feet are then washed up to ankles, the right foot being washed first.
If Socks or stockings are being worn, and they have been fut on after performing an ablution, it is not necessary to take them off; the three fingers of the wet hand may be fassed  over them. The same practice mey be resorted to in the case of shoes. If the socks or the shoes are then taken off. The wudzu’ remains. It is, however, necessary that the feet should be washed once in every twenty-fuor hours.
Wudzu’ may be performed before every prayer, but the necessity for it arises only when there has been a natural evacuation, or when a man has been fast asleep.[7]
Terjemah/maksud :
            Salah satu syarat membersihkan badan adalah dengan wudhu. Yang mana istilah hukum Islam, kotoran/najis pada badan yang harus dibersihkan khususnya sebelum shalat, dan boleh jadi menceritakan sebagian pembersihan wudhu, walaupun telah dijelaskan dalam al-Quran berlatih mengerjakan shalat itu dengan waktu yang ada menjadi wajib, berlatih disini yang mana Nabi tidak dapat diragukan mendiriikan cahaya keagamaan, atau pada wahyu yang terdapat dalam surat al-Kahfi, bahwa persetujuan yang memberi hal yang berkata beliau!... o, apa kamu mempercayainya ! dimana kamu bangun untuk shalat, membersihkan wajah kamu dan tangan kamu sampai siku, dan melap tangan kamu, dan membersihkan kakimu hingga mata kaki. Berlatih dari Rasulullah sebagaimana hadits perekam suara yang penting dalam hal ini. Disini akan diuraikan gambaran sebagai berikut:
1.        Yang pertama-tama tangan sampai selesai pergelangan.
2.        Mulut dibersihkan dengan berkumur-kumur atau membersihkan dengan bersikat gigi.
3.        Membersihkan lubang hidung dengan sedikit menghirup air kemudian dihembuskan keluar.
4.        Membersihkan wajah dari dahi sampai dagu dan salah satu dari telinga.
5.        Kemudian tangan kanan dibersihkan lebih dahulu dari pergelangan tangan sampai siku.
6.        Tangan dibersihkan diatasnya sampai basah tangan itu, menyentuh tiga kali diantara keduanya sampai ibu jari, bersama-sama menggabungkan, dan membersihkan kedalam/bagian luar telinga dengan jari telunjuk dan disebelahnya dengan ibu jari yang sama.
7.        Membersihkan kaki sampai mata kaki, kaki dasar yang kanan dibersihkan terlebih dahulu.
Jika kaos kaki rusak karena dipakai dan mereka (mempunyai) meletakan atau melakukan pembersihan, bukan kebutuhan (keperluan) yang mereka akan tahu akibatnya putus (mati); maksudnya menyentuh tiga kali basah tangan barangkali menyampaikan untuk mereka. Praktik saja dengan terpaksa/mengambil jalan (usaha) dengan hal sepatu. Jika kaos kaki atau sepatu merupakan sisa wudhu. Bagaimanapun, kebutuhan kaki sebaiknya dibersihkan sewaktu-waktu sewaktu-sewaktu 24 jam.
Wudhu dapat dilakukan sebelum shalat, tetapi keperluan muncul/ bangkit dari duduk hanya ingin melakukan kebiasaan atau dimana seorang laki-laki ingin cepat tidur. 
BAB III
PENUTUP
Simpulan
Membersihkan atau menghilangkan najis kencing itu sama dengan cara membersihkan najis mukhaffafah bagi bayi laki-laki. Caranya dengan membersihkan air pada tempat yang dikenai air kencing atau najis itu. Jadi tidak perlu dibasuh secara menyeluruh. Adapun kencing anak perempuan yang belum makan makanan apa-apa selain ASI, kaifiat mencucinya hendaklah dibasuh sampai air mengalir diatas benda yang kena najis itu, dan hilang dzat najis dan sifat-sifatnya. Sebagaimana mencuci kencing orang dewasa.
Mensucikan (membersihkan) benda-benda yang terkena najis mughaladzah (misalnya badan, pakaian, atau bejana dijilat anjing atau kena kotoran) dapat dilakukan dengan membasuh benda-benda itu sebanyak tujuh kali dengan air suci, satu kalinya dicampur dengan tanah (debu) yang suci.
Bersuci merupakan syarat sah shalat karena salah satu diantara dari tiga belas rukun shalat itu tertinggal maka tidak sah shalat seorang itu kecuali dengan ketentuan tertetu.
Berwudhu secara benar maksudnya berwudhu secara berurutan dari niat hingga tertib.   
DAFTAR PUSTAKA
●        Ja’far, Abidin. 2006. Hadits Nabawi. Banjarmasin: Antasari Prees.
●        Rasyid, Sulaiman. 1986. Fiqih Islam. Bandung: Sinar baru Algensindo.
●        Sabiq, Sayid. 1987. Fiqih Sunah. Bandung: Al-Ma’arrif.
●        Nasution, Harun. 2002. Insiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan.
●        Muhammad, Imam, bin Ismail. 1993. Ikhtisah Subulus Salam. Semarang: Toha Putra.
●        Muhammad, Maulana, Ali. 1990. The Religion of Islam. Kingsgate Read Columbus Ohio: Michigon.

[1]Drs. H. Abidin Ja'far, Lc, MA dan M.Noor Fuady, M.Ag. Hadis Nabaw,i (Banjarmasin: Antasari Press, 2006), h. 1-2.
[2]H. Sulaiman Rasjid, Fiqih Islam, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1986), h. 21-22. 
[3]Sayid Sabiq, Fiqih Sunah, (Bandung: Al-Ma’arif, 1987), h. 47-48.
[4]Ibid., h. 55.
[5]Prof. Dr. H. Harun Nasution, Ensiklopedi Islam Indonesia, (Jakarta: Djambatan, 2002), h. 835.
[6]Imam Muhammad bin Isma’il, Ihktisan Subulus Salam, (Malang: Toha Putra, 1993), h. 30-34.
[7]Maulana Muhammad Ali, The Religion of Islam, (Kingsgate Read Columbus Ohio: Michigan), h. 292-293.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites